KANDANG MERPATI POS

Untuk memelihara merpati pos kandang mempunyai pengaruh besar dalam memberikan saham keberhasilan burung mempersembahkan prestasi. Anak-anak burung perlu dilatih dengan tidak boleh lepas dari faktor kandang ini. Bahkan dengan perantara kandang inilah burung akan merasa rindu untuk pulang setelah dilepas di suatu tempat yang cukup jauh. Dan melalui kandang ini pulalah burung yang dipertandingkan dapat ditangkap dengan mudah agar dapat diperhitungkan kecepatan tibanya setelah dilepas.

Dengan pengertian itulah maka kedudukan kandang bagi merpati pos mempunyai arti khusus. Merpati pos kadang harus terbang sangat jauh, sehingga kemampuan untuk itu hanya dapat dilatih melalui sistem kandang yang baik dan makanan yang bergizi, disamping fakto-faktor lainnya.

Kontruksi Kandang

Dalam pengertian bahwa kandang itu penting bagi merpati pos, maka pemeliharaannya pun terpaksa menyediakan kandang yang memenuhi persyaratan tertentu. Walaupun untuk itu orang terpaksa harus merogoh kantong untuk biaya pembuatannya. Pemelihara merpati pos umumnya ditujukan untuk memanfaatkan kemampuan burung ini, baik mengenai kemampuannya pulang kekandang  dari tempat yang samgat jauh maupun kecepatannya untuk pulang.  Merpati pos aduan ini orang-orang banyak mengarah untuk memanfaatkan anak-anak burung yang sudah dilatih dan ditetaskan dalam kandang yang tersedia, sudah tentu arang dapat saja membeli anak burung dan membesarkannya.

Dengan adanya persyaratan itu sudah tentu kita memerlukan bibit dan cara penangkaran sebaik mungkin. Pada prinsipnya kandang mempunyai dua ruangan, yaitu ruangan tertutup dan ruangan terbuka. dua bagian itu sebenarnya diperlukan hanya untuk satu kelompok burung yang dipelihara, sedangkan untuk memelihara sekawanan merpati pos secara menyeluruh diperlukan adanya 3 ruangan terpisah. Guna ketiga ruangan itu adalah :

1. Ruangan bagi burung yang sedang dikembangkan.

Diruangan ini burung akan bertelur dan membesarkan anak. Pada ruangan ini perlu adanya ruangan tertutup dan ruangan terbuka.

2. Ruang bagi burung-burung dewasa.

Pada ruang ini burung-burung dewasa ditempatkan, dan ruangan ini terdiri dari dua bagian yaitu yang tertutup dan terbuka

3. Ruang bagi burung-burung muda

Ruangan ini pun mempunyai bangian yang tertutup dan terbuka.

Selain itu yang terpenting juga adalah penempatan kandang. Disamping kandang perlu mendapat sinar matahari dan udara segar, bagi burung-burung yang dipertandingkan kandang juga perlu berada ditempat dengan langi-langit terbuka, jangan sampai terhalang pepohonan, kawat listrik atau telepon atau tiang-tiang listrik.

Ruang tertutup pada kandang hendaknya diberi jendela, yang dibuat sedemikian rupa sehingga sewaktu dalam keadaan terbuka air hujan tidak masuk. Sudah tentu pada jendela ini diberi kawat penghalang agar burung tidak dapat keluar dan juga jendela yang sedang terbuka itu tidak dapat dipakai tempat bertengger. Jendela ini dapat disatukan dengan pintu masuk bagi burung yang mempunyai hubungan dengan pelataran pendaratan.

Jendela dianjurkan dibuat sebesar mungkin agar udara segar dan sinar matahari masuk kedalam ruangan di bagian tertutup dari kandang. Pada dinding dimana tidak ada jendela, disitulah kita menempatkan pintu kandang, tempat bertengger bagi burung dan tempat kotak-kotak sarang. Dengan design seperti itu sudah tentu akan terjadi perputaran udara yang baik didalam kandang. Tanpa perputaran udara yang baik jangan harap berhasil dengan rencana kita.

Sedangkan kandang yang terbuka perlu ada pada kandang merpati pos dan ini sering diabaikan orang. Dikandang terbuka inilah burung akan mendapatkan udara terbuka yang segar dan sinar matahari terus menerus. Keadaan ini penting untuk burung yang dikembang biakan sebab burung-burung ini tidak akan dilepas bebas. Kandang terbuka ini harus mempunyai ukuran agak besar, lebih besar dari bagian terbuka bagi burung-burung yang dipertandingkan. Bagian kandang terbuka ini juga perlu disediakan bagi burung-burung yang diterbangkan, karena burung-burung ini tidak selalu dilepas bebas, melepas burung dilakukan dengan suatu tujuan baik itu untuk latihan maupun sekedar olahraga, sehingga dilepasnya burung di udara bebas dilakukan secara terkendali.

Bagian terbuka dari kandang hendaknya mempunyai lantai papan atau diberi kawat ukuran kecil agar tidak mengganggu burung bila sedang berjalan dilantai. Dikandang terbuka ini hendaknya disediakan tempat bertengger atau mendekam. Dan cara terbaik adalah dengan menempatkan sebuah papan panjang sepanjang tepi kandang tetapi ada jarak dari kawat sehingga mudah dibersihkan dan burung tidak rusak terkena kawat. Bagi pemelihara merpati pos yang berpengalaman merek lebih menyukai bagian kandang yang terbuka ini mempunyai atap juga, agar tidak usah repot-repot bila ada perubahan cuaca ketika hujan misalnya. Ditempat ini burung diberi bak tempat mandi. Tetapi jangan menempatkan tempat makan ditempat terbuka ini, karena makanan akan mudah kotor.

Membersihkan kandang

Sudah tentu kebersihan merupakan hal yang sangat penting dalam memelihara merpati pos. Kandang yang dicat dan bersih dapat menyemarakan suasana dan kita juga tidak akan malu untuk memamerkan kandang, tetangga pun tentunya tidak akan terganggu dengan adanya kandang seperti ini.

Membersihkan kandang sebaiknya dilakukan sehari dua kali, tetapi orang tidak akan selalu mempunyai cukup waktu untuk itu, sehingga banyak pihak yang melakukannya dua kali seminggu. Pekerjaan itu tentunya banyak dipengaruhi oleh banyaknya burung yang dipelihara. Semakin banyak burung kandang semakin cepat kotor. Untuk mengikis kotoran burung yang ada dilantai, kita dapat memakai semacam besi tipis atau seng tebal.

Sebelum membersihkannya kita perlu memercikan air yang bercampur dengan desinfektan. Larutan ini dapat membunuh kuman-kuman dan membuat kandang berbau wangi dan percikan air itu akan mengurangi debu sewaktu kita menyapunya. Sewaktu kita menyapunya hendaknya kita bergerak jesatu arah saja. Gerakan yang dilakukan secara berkala itu akan melatih burung pula untuk menerima adanya proses pembersihan kandang. Sumber – Ari Suseno

Perihal abdiMPos Loft
One Spirit One Family Racing Pigeon Indonesia.....! Ikutan gabung dFacebook : https://www.facebook.com/groups/RacingPigeonIndoesia/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: